Assalamualaikum warahmatullohi wabarokaaatuh ---
REMOTE VISUAL INSPECTION

Minggu, 16 Desember 2012

REMOTE VISUAL INSPECTION



            Inspeksi Visual adalah salah satu metode NDT yang paling umum digunakan untuk mengevaluasi kondisi dan memberikan kualitas yang lebih baik dari material / alat yang akan di lakukan uji evaluasi. Metode visual mudah dilakukan, murah dan biasanya tidak memerlukan peralatan khusus. Ini memerlukan cahaya yang dipantulkan atau
ditransmisikan dari benda uji yang dicitrakan dengan perangkat sensitif terhadap cahaya, seperti mata manusia.
Seperti metode pengujian umumnya hal ini membutuhkan visi yang tepat, kondisi pencahayaan yang baik dan pengetahuan tentang apa sebenarnya yang harus dicari.

     Inspeksi Visual dapat ditingkatkan dengan berbagai metode pemeriksaan mulai dari kaca pembesar daya rendah hingga borescopes. Perangkat ini juga dapat digunakan dengan sistem kamera televisi. Persiapan permukaan dapat berkisar dari menyeka dengan kain untuk pembersihan dan pengobatan dengan bahan kimia untuk mengungkapkan rincian dari permukaan. Cacat pada bagian mesin dapat tumbuh akibat beban yang berbeda dan faktor lingkungan seperti radiasi matahari, korosi dll. NDT Inspeksi Visual kadang-kadang dapat mengidentifikasi di mana kegagalan yang paling mungkin terjadi dan mengidentifikasi ketika kegagalan telah dimulai. Inspeksi Visual Sering memungkinkan para insinyur untuk mendeteksi cacat pada tahap awal dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Inspeksi Visual sering ditingkatkan dengan metode permukaan lainnya, yang dapat mengidentifikasi kelemahan yang tidak mudah terlihat oleh mata telanjang.

Mengambil gambar tidak bergerak dan video dari inspeksi Borescope memungkinkan arsip permanen dari hasil pemeriksaan selama pemeriksaan non-destruktif. Inspeksi Borescope kebanyakan dilakukan oleh seseorang knowledgable tentang bahan dan aspek proses pengaplikasian dari borescope. Pengetahuan dari aplikasi borescope diperlukan untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dari pemeriksaan borescope. Pelatihan penggunaan borescopes minimal mereka mengerti perangkat optik sederhana seperti kamera digital, teleskop atau mikroskop. Namun keuntungan dari optik yang digunakan dalam borescope adalah bahwa mereka menghasilkan kedalaman panjang lapangan. Mikroskop menggunakan perbesaran tinggi dan hanya dapat digunakan dalam rentang yang terbatas sedangkan perbesaran borescope yang memungkinkan kedalaman luas area  atau kisaran di mana mereka berada dalam area fokus.

           Penggunaan Borescope dalam industri meningkat seiring semakin banyak perusahaan menyadari penghematan biaya yang terkait dengan pengujian non-destruktif. Borescope Video Menangkap komponen penting dalam lingkungan pabrik yang bisa dikatakan tidak dapat diremehkan sebagai layanan yang berharga oleh departemen pengawasan mutu. Untuk mendokumentasikan hasil pemeriksaan umumnya gambar yang ditangkap oleh borescope video atau borescope fleksibel dengan kamera video mounting pada lensa mata adalah gambar atau objek tidak bergerak atau diam. Hal ini memungkinkan hasil yang sangat cepat dan komunikasi dari proses pengujian untuk berbagai departemen dalam perusahaan dan gambar borescope tersebut dapat sangat sederhana diemail atau dicetak.

Video Captures dari inspeksi borescope juga memungkinkan untuk melihat dengan lebih dari satu orang (berbarengan) pada satu waktu. Sebuah tim dari orang-orang dapat melihat langsung hasil tes pada LCD atau Color Monitor untuk membantu dalam diagnosis masalah. Dalam kasus inspeksi turbin, hasil tes dapat dibandingkan dari satu area ke yang berikutnya. Pengorganisasian data dalam arsip menjamin bahwa catatan sejarah borescope pemeriksaan dapat langsung diambil dan dievaluasi ulang untuk perbedaan dalam pemakaian, erosi, kondisi korosi atau lainnya yang bisa semakin buruk seiring berjalannya waktu. Mampu mengatur catatan borescope inspeksi untuk setiap mesin, memungkinkan keputusan penting dapat mempermudah karena laporan / arsip sepenuhnya ditangkap dan tersimpan dalam bentuk gambar atau video.
           Setelah sebuah arsip / dokumentasi inspeksi Borescope dikumpulkan bersama-sama dan laporan yang tersedia kapan saja, yang kemudian dapat manfaat dari adanya dokumentasi ini. Selama kehidupan pelayanan komponen seperti perputaran kecepatan tinggi bagian pada mesin jet sangat penting untuk memiliki catatan untuk pendokumentasian semua tindakan prosedur keselamatan dan pemeliharaan yang berkaitan dengan tindakan produk kewajiban yang mungkin terjadi. Memiliki dan memelihara catatan borescope akan memastikan bahwa sejarah komponen atau mesin masih memenuhi persyaratan layanan hidup/layak untuk mematuhi prosedur pemeliharaan produsen mesin sesuai dalam buku pedoman pemeliharaan mereka.


 

          Dalam pesawat, insinyur menggunakan borescopes untuk memeriksa dalam mesin turbin gas. Membuka mesin biasanya membutuhkan waktu dan uang. Selain itu, membuka dapat mengakibatkan cacat ekstra yang tidak perlu. Karena alasan ini, insinyur menciptakan perangkat dengan tabung yang memiliki lensa optik dan reflektor. Yang memungkinkan operator untuk melihat melalui lubang kecil, di mana wajah manusia tidak bisa melewati. Perangkat ini disebut sebagai borescope atau endoskopi. borescopes video yang banyak digunakan Di era modern, yang membuat pemeriksaan jauh lebih mudah daripada di masa lalu. Mereka menggunakan kamera resolusi tinggi yang dapat diputar atau diperbesar oleh operator. Juga mereka memiliki banyak fitur yang baik tambahan seperti menyimpan pekerjaan sehari-hari sebagai file video / gambar, sehingga insinyur dapat merevisi file kemudian, dengan menggunakan komputer. 

Sumber :  http://ndt-review.blogspot.com/2010/03/visual-inspection.html
                  http://steelcityndt.com/boroscope-remote-visual-inspections/

Tidak ada komentar: