Assalamualaikum warahmatullohi wabarokaaatuh ---
Eddy Current Testing | ECT - Pengujian dengan arus eddy

Selasa, 17 September 2013

Eddy Current Testing | ECT - Pengujian dengan arus eddy

     
   Inspeksi dengan prinsip Arus Eddy saat ini adalah salah satu dari beberapa metode NDT / Uji Tak Rusak yang menggunakan prinsip "elektromagnetisme" sebagai dasar untuk melakukan pemeriksaan. Beberapa metode lain seperti Remote Bidang Pengujian (RFT), Flux Kebocoran (Yoke magnetic) dan Barkhausen Kebisingan juga menggunakan prinsip ini.

         Istilah arus eddy ( Eddy Current ) berasal
dari arus yang dianalogikan seperti terlihat di dalam air ketika menyeret sebatang kayu terhadap lebarnya: wilayah yang dilokalisir membentuk turbulensi yang dikenal sebagai pusaran arus menimbulkan pusaran terus menerus. Agak secara analogi, arus eddy dapat membutuhkan waktu untuk membangun dan dapat bertahan untuk waktu yang sangat singkat dalam konduktor karena induktansi mereka.

          Arus eddy (juga disebut Foucault arus [1]) adalah arus listrik induksi dalam konduktor oleh medan magnet yang berubah dalam konduktor. pusaran arus Ini memiliki induktansi dan dengan demikian menginduksi medan magnet. Bidang ini dapat menyebabkan gaya tolak-menolak, tarik-menarik [2] mendorong, menarik dan efek medan panas. Semakin kuat medan magnet diterapkan, atau semakin besar konduktivitas listrik konduktor, atau lebih cepat perubahan lapangan, maka semakin besar arus yang dikembangkan dan semakin besar bidang yang dihasilkan.

       Arus Eddy diciptakan melalui proses yang disebut induksi elektromagnetik. Ketika arus bolak diterapkan pada konduktor, seperti kawat tembaga, medan magnet berkembang di dalam dan sekitar konduktor. Medan magnet ini memperluas sebagai bergantian naik saat ini untuk maksimum dan runtuh lancar berkurang menjadi nol. Jika konduktor listrik lain dibawa ke dekat dengan bidang ini mengubah magnet, arus akan diinduksi dalam konduktor kedua ini. Eddy current adalah arus listrik induksi yang mengalir dalam bentuk melingkar. Mereka mendapatkan nama mereka dari "pusaran" yang terbentuk ketika cairan atau aliran gas di jalur melingkar sekitar hambatan ketika kondisi benar

          Pengujian eddy saat ini memiliki asal-usul dengan temuan Michael Faraday induksi elektromagnetik pada tahun 1831. Faraday adalah seorang ahli kimia di Inggris selama awal 1800-an dan dikreditkan dengan penemuan induksi elektromagnetik, rotasi elektromagnetik, efek magneto-optik, diamagnetisme, dan fenomena lain. Pada tahun 1879, ilmuwan lain bernama Hughes mencatat perubahan dalam sifat-sifat kumparan ketika ditempatkan dalam kontak dengan logam konduktivitas dan permeabilitas yang berbeda. Namun, itu tidak sampai Perang Dunia Kedua bahwa efek ini dimanfaatkan dengan praktis untuk pengujian bahan. Banyak pekerjaan yang dilakukan di tahun 1950 dan 60-an, khususnya di pesawat dan nuklir industri. Pengujian eddy saat ini sekarang teknik pemeriksaan secara luas digunakan dan baik-dipahami.



Referensi : http://www.ndt-ed.org                                    
                   http://en.wikipedia.org/wiki/Eddy_current

Tidak ada komentar: